Cara Mudah Deteksi Helm Asli Atau Palsu

cuci helmCara Mudah Deteksi Helm Asli Atau Palsu

JAKARTA – Saat ini mulai banyak beredar helm bertandar SNI palsu di pasaran. Hal ini tentu saja sangat berbahaya, karena helm merupakan perlengkapan berkendara paling utama untuk melindungi kepala saat terjadi kecelakaan.

Lalu bagaimana cara membedakan helm berstandar SNI asli dan palsu yang beredar di pasaran? Menurut Tatap Firdaus, Marketing Cargloss Helmet, ada beberapa cara sederhana yang dapat kita gunakan untuk membedakan helm SNI asli dan palsu.

“Cara yang paling sederhana dan gampang, tekan styrofoam pada bagian helm. Jika styrofoam pada bagian helm terasa lunak, bisa dipastikan itu helm berstandar SNI palsu, sebab untuk helm berstandar SNI asli styrofoam tidak terasa kasar tapi juga tidak terlalu lunak,” ujat Tatap di markas besar AHRS di Depok, Jawa barat.

Lebih lanjut Tatap mengatakan, jika styrofoam di dalam helm terlalu keras maka tidak akan meredam getaran dan justru akan menghantarkan getaran sehingga menimbulkan efek yang cukup bahaya saat pemotor terjatuh.

“Jika styrofoam yang keras justru akan menghantarkan getaran bukan meredam getaran, jadi jika pengendara jatuh akan mengakibatkan pengendara gagar otak,” tambahnya.

Selain melihat dari styrofoam, helm dengan standar SNI yang baik juga harus dilindung dengan kulit luar yang baik dan tahan banting. “Jika ingin melihat helm tersebut standar SNI asli atau palsu, tantang penjual helm untuk membantingnya jika penjual berani, helm tersebut SNI asli,” tambahnya.

Helm dengan standar SNI asli juga memiliki kualitas cat yang cukup baik, dan tidak mudah terkelupas. Kualitas cat helm SNI asli bahkan hampir mirip dengan cat motor-motor Jepang. (ian)

http://autos.okezone.com/read/2014/02/08/53/937990/cara-mudah-deteksi-helm-asli-atau-palsu

This entry was posted in Artikel Cuci Helm and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *