Fakta Menarik Tentang Helm

Fakta Menarik Tentang HelmSeberapa banyak yang Anda tahu tentang helm yang Anda letakkan di kepala setiap kali mengendarai sepeda motor kesayangan? Apa yang Anda tidak ketahui bisa menyakiti Anda. Helm sepeda motor dibuat untuk melakukan satu hal : melindungi kepala (otak) dari segala jenis hematoma.

Hematoma adalah suatu kondisi dimana darah berkumpul dalam sebuah jaringan, organ, atau ruang lainnya diluar dari pembuluh darah arteri atau pembuluh darah vena. Karena otak ada di dalam tengkorak, pendarahan yang terjadi di dalam otak tidak bisa lepas sehingga meningkatkan tekanan pada otak dan dapat menyebabkan kematian.

Jatuh dari ketinggian enam kaki dengan kepala terlebih dahulu terbukti berakibat fatal jika tanpa helm. Kasus ini sama hal-nya jika Anda terjatuh dari sebuah sepeda motor berkecepatan 21,5 km/jam.

Berikut ini adalah beberapa fakta helm yang perlu Anda ketahui sebelum mengenakannya. Ganti helm sepeda motor Anda jika pernah terlibat dalam kecelakaan, karena hal itu bisa memungkinkan daya redamnya menjadi berkurang.

  • Jangan menyimpan helm di dekat bensin, cairan pembersih, asap knalpot, atau sumber panas yang berlebihan. Pasalnya, faktor-faktor tersebut dapat mengakibatkan degradasi bahan helm, dan biasanya kerusakan yang timbul tidak disadari oleh pemakainya. Baca informasi yang Anda dapatkan ketika membeli helm untuk mengetahui cara-cara terbaik merawat helm.
  • Baca petunjuk painting, decorating, pinstripping, pada helm Anda. Jangan pernah menggantung helm Anda di kaca spion, lampu sein motor, atau sandaran motor. Pasalnya, inner liner pada helm mudah rusak jika Anda menggantungkan helm sembarangan.
  • Hindari membawa helm cadangan pada sepeda motor Anda, kecuali jika Anda memang hendak berboncengan. Pasalnya, benturan atau goyangan kecil ketika Anda berkendara normal bisa merusak helm cadangan yang tidak terjamin dengan benar.
  • Jika hendak menyimpan helm, sebaiknya letakkan di tempat yang datar. Jika Anda meletakkannya di atas jok, pastikan posisinya tidak akan jatuh.
  • Kebanyakan produsen helm merekomendasikan untuk mengganti helm setiap dua tahun sekali. Tapi, jika tanda-tanda kerusakan pada helm Anda semakin parah, ada baiknya diganti lebih cepat demi keamanan dan kenyamanan berkendara.

Nah, itulah sedikit fakta tentang helm. Semoga sedikit informasi di atas bisa menambah pengetahuan kita sebagai biker untuk merawat helm kesayangan dengan baik dan benar.

This entry was posted in Tentang Helm and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *