Helm Bau Cuci Helm Pakai Mesin Cuci Helm Otomatis Aja

alat cuci helm 2HELM merupakan salah satu perangkat yang sangat penting bagi pengendara sepeda motor. Selain berfungsi untuk melidungi kepala saat terjadi kecelakaan. Helm, juga dinilai sangat pas untuk meminimalisir terjadinya benturan. Tapi, apa jadinya jika helm yang digunakan sebagai penunjang keselamatan itu, ternyata terlihat kotor dan ‘melahirkan’ bau yang tak sedap. Halah, pastinya sangat mengganggu kenyamanan. So, cuci dong!

Nah, permasalahannya sekarang, terkadang kita suka bingung bagaimana ya caranya mencuci helm yang baik? Terkadang kerap kita dengan seenaknya mencucinya helm dengan teknik yang tidak benar alias tradisional. Hasilnya, sudah bisa ditebak helm akan menjadi rusak dan berbau apek.

Mesin pencuci helm…Mesin pencuci helm…Permasalahan tersebut, rupaya secara cerdik ditangkap oleh sebagian masyarakat kita dengan membuka usaha cuci helm. Dan dari hari kehari bisnis ini kian menjamur dimana-mana seiring dengan makin bertambahnya pengadara motor yang berseliweran di jalan. Terlebih. Di Ibukota Jakarta yang sudah semakin padat dan sumpek ini.

Dalam melayani pelanggannya, para pengusaha cuci helm ini menggunakan berbagai alat untuk mencuci helm. Ada yang menggunakan mesin otomatis, namun ada juga yang menggunakan peralatan sederhana.

Lihat saja Sirfanda Meiro, sejak tahun 2009 dirinya mencoba merebut peruntungan dengan membuka usaha cuci helm. Bersama rekannya, Heru Herlambang, pria berusia 38 tahun ini berhasil membuat mesin cuci helm dengan teknologi twister

Menurut Sirfanda, untuk membuat mesin pencuci helmnya ini ia membutuhkan waktu 3 bulan lamanya, ide pembuatan mesin pencuci helmnya terinspirasi dari mesin cuci pakaian.

“Selama tiga bulan lamanya, dengan susah payah akhirnya kami dapat menciptakan mesin yang dapat memudahkan untuk proses cuci helm,” ujarnya.

Pada mesin berbobot hampir 140 kg itu, terdapat ruang pencucian, spinner, serta ruang pengeringan. Tahap awal pencucian, karyawan mencuci helm secara manual dengan menggunakan sabun dan pewangi, setelah itu helm di taruh di ruangan spiner, di ruangan ini helm akan diputar-putar selama 15 menit secara otomatis hingga kering.

Sirfanda Meiro mantap di bisnis pencucian helm..Sirfanda Meiro mantap di bisnis pencxucian helm..Setelah itu helm ditaruh di ruangan blower, di ruangan ini helm akan dipanaskan secara otomatis selama 10 menit. Tidak hanya itu, di ruangan  ini juga diberikan sinar ultra violet yang tujuannya agar bisa membunuh kuman yang ada di dalam helm.

“Keunggulan dari mesin kami dapat mencuci helm selama 45 menit dan dapat mencuci helm 4 buah sekaligus” ucap Sirfanda seolah berpromosi.

Usaha pembersih helm ini ia namakan Yes Spa Helm. Kini, Sirfanda memiliki dua outlet yang siap melayani para bikers untuk mencuci helmnya. Di outletnya ini, Sirfanda memasang tarif 13.500 untuk satu helm, sedangkan dalam seharinya ia bisa menerima orderan cuci helm mulai dari 10 hingga 15 helm. Wah… bisa dibanyangkan berapa ya omzet yang di dapat Sirfanda dalam sebulanya!

Selain membuka outlet, Sirfanda juga menjual mesin cuci helmnya kepada masyarakat yang ingin membuka usaha cuci helm. Mesin yang ia jual sangat bervariatif, mulai dari Rp 12.500.000 hingga Rp. 21.500.000. “Mahal atau tidaknya harga, tergantung dari ukuran mesinnya,” jelasnya.

Kios milik Siany juga menekuni bisnis yang sama…Kios milik Siany juga menekuni bisnis yang sama…Berbeda dengan Sirfanda, Siany pemilik bisnis cuci helm “Prima” mengaku lebih memilih peralatan sederhana untuk mencuci helm pelanggannya.”Butuh modal yang besar untuk membeli mesin pencuci helm modern,” jelas Siany.

Ia mengatakan memulai bisnis cuci helmnya pada tahun 2009 berawal dari kejeliannya melihat banyaknya pengendara motor. Setelah itu, tercetuslah ide untuk membuat bisnis cuci helm. “Saya belajar cuci helm secara otodidak,” ungkap Siany.

Dalam menjalankan bisnisnya, Siany menggunakan peralatan vacum cleaner dan alat pemanas helm. Seperti biasa, proses pencucian helm dimulai dengan mencuci helm secara manual  menggunakan tangan, setelah itu dilanjutkan ke tahapan pengeringan menggunakan vacum cleaner.

Mesin yang lumayan praktis dan membantu…Mesin yang lumayan praktis dan membantu…Berbeda jika menggunakan mesin otomatis, jika menggunakan vacum cleaner ini kita tidak bisa menentukan waktu kapan helm akan kering. Karena hal itu tergantung dari tebal atau tipisnya busa. Setelah di vacum, kemudian helm di bawa ke mesin pemanas.

Diakui Siany, mencuci helm ditempatnya memang lebih lama jika dibandingkan tempat cuci helm yang menggunakan mesin otomatis. Ditempatya untuk mencuci satu helm dapat memakan waktu satu jam lebih.

”Jika banyak costumer, maka helm baru bisa selesai keesokan harinya, maklumlah karena keterbatasan mesin dan karyawan,” kata Siany.

Kendati di tempatnya mencuci helm lebih lama, namun Siany mengatakan ditempatnya ongkos cuci helm lebih murah jika dibandingkan dengan tempat cuci helm yang menggunakan mesin otomatis.

”Di tempat kami biaya cuci helm hanya Rp 10 ribu,” ungkapnya meyakinkan.

http://www.tnol.co.id/komunitas/bisnis/6663-helm-bau-cuci-aja-pake-mesin.html

This entry was posted in Mesin Cuci Helm Otomatis and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Helm Bau Cuci Helm Pakai Mesin Cuci Helm Otomatis Aja

  1. candra says:

    mas ada cd tutorialnya gak atau modul buat jalanin bisnis ini dan cara meggunakannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *