Helm Juga Ada Masa Kadaluarsa

Helm Juga Ada Masa KadaluarsaMemilih helm yang sesuai dengan standar SNI sebagai pengendara sepeda motor kita juga harus mengetahui dan memahami cara memakai helm yang benar. Caranya adalah pegang tali helm, lalu helm ditaruh diatas kepala dan masukkan ke kepala. Jangan lupa pengaitnyapun harus terkunci dengan benar. Kalau pemakaiannya yang benar tentu saja akan memaksimalkan helm untuk melindungi kepala pengendara sepeda motor itu sendiri.

Sebagai konsumen sebelum membeli helm perlu ketelitian dalam memilih helm yang berkualitas dan jangan lupa juga perhatikan kode produksi helm yang tertera didalamnya. Kadaluarsa helm berkisar 4-5 tahun tergantung dari pemakaiannya.

Bagi pengendara sepeda motor untuk menjaga agar kualitas helm itu tetap utuh sebaiknya jangan menaruh helm menghadap keatas saat menggantung helm di atas sepeda motor ketika parkir, karena bagian dalam helm bakalan mudah rusak jika terkena air.

Dan jangan menyimpan helm diatas tanki sepeda motor karena uap bensin juga bisa merusak kualitas helm dan bau uap bensin juga bisa merusak kesehatan pengendara sepeda motor itu sendiri.

Kadaluarsa helm yang digunakan secara rutin setiap hari selama 3 tahun, tetapi kalau disimpan bisa 5 tahun.
Kualitas kulit luar helm yang keras bisa menurun dan busa didalam helm juga bisa keropos.

Kualitas helm jika terjatuh saat berkendara kualitas helm tersebut praktis menurun drastis, kemampuan helm tinggal 20% dalam melindungi kepala. Jika helm terjatuh dari ketinggian sekitar 1 meter atau jatuh ketika disimpan diatas sepeda motor kualitasnya tinggal 80% dalam melindungi kepala.

This entry was posted in Tentang Helm and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *